Thursday, January 8, 2015

Teknik Perawatan Tali Pusat Bayi

Unknown     12:01 AM  No comments

Teknik Perawatan tali pusat Bayi
Ensiklopedia Wanita - Seputar Dunia Wanita |
Tips ini didapat ketika kelahiran anak kedua kami. Setelah kelahiran anak kedua, bidan perawat menganjurkan untuk perawatan tali pusat bayi menggunakan metode perawatan kering dan kamipun mendapat pelatihan sederhana bagaimana cara perawatan tali pusat bayi yang baru lahir dengan metode perawatan kering tersebut.  

Awalnya bidan menerangkan teknik perawatan tali pusat bayi dengan menggunakan alcohol 70% atau deikenal dengan teknik perawatan basah, yang mana kain kasa dibasahin dengan alcohol 70% kemudian dibalutkan ke tali pusat bayi yang baru lahir tersebut. Ternyata dengan menggunakan alcohol  70% itu memiliki beberapa kelemahan diantaranya:

1. Tali pusat akan menjadi lebih lama untuk puput (terputus).

2. Ketika dipakaikan alcohol 70% maka alcohol akan menguap dan sisanya 30% air akan mengendap pada kain kasa yang digunakan untuk membalut tali pusat sehingga menjadikan lembab, akibat dari lembab tersebut akan mengundang adanya bakteri yang kemunginan besar akan mengakibatkan pembusukan dan dikawatirkan bakteri masuk kedalam badan bayi melalui talipusat yang busuk tersebut.

Melihat adanya kelemahan dari teknik perawatan basah tersebut maka muncullah teknik baru yaitu teknik perawatan kering. Teknik ini cukup sederhana dan tidak rumit caranya yaitu :

1. Ketika si bayi selesai dimandikan, tali pusat yang basah kena air kemudian di lap dengan kain kering, sangat dianjurkan dengan kain yang mudah menyerap air sehingga air yang menempel ditapi pusat benar benar kering.

2. Setelah dikeringkan, olesi tali pusat dengan sedikit minyak telon bayi untuk menghindari  bau dari tali pusat yang mengering, setelah itu keringkan kembali olesan minyak telon tersebut hingga kering.

3. Bungkus dengan kain kasa.
Teknik perawatan kering ini selain menghilangkan kemungkinan adanya bakteri yang menempel pada tali pusat, juga akan mempercepat puputnya tali pusat bayi.

Demikian Teknik perawatan tali pusat bayi dengan metode perawatan kering, semoga bermanfaat.

, , ,

Unknown


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 comments :