Tuesday, February 10, 2015

Cara Membuat bayi sendawa setelah menyusu

Unknown     11:00 PM  1 comment

http://ensiklopediawanita.blogspot.com/
Ensiklopedia Wanita - Cara Membuat bayi sendawa setelah menyusu | Tahukah bunda bahwa pada saat menyusui, bukan hanya susu dicerna oleh bayi. Bertepatan dengan nutrisi cair masuk udara juga, yang dapat membuat bayi merasa kenyang dan tidak nyaman sebelum menyelesaikan minum ASInya. Jika udara yang masuk bersama ASI tersebut tidak cepat dikeluarkan maka si Bayi akan rewel karena perutnya kembung. Untuk itu udara yang ada di perut bayi perlu dikeluarkan dengan cara dibuat sendawa. Bersendawa merupakan bagian yang sangat penting dari proses perawatan bayi. Ada tiga cara yang umum yang dapat anda lakukan agar bayi dapat bersendawa setelah menyusui.

1. Bayi di bahu
Caranya, bayi digendong di pundak dengan wajah menghadap ke belakang, lingkarkan salah satu tangan anda untuk menyangga bagian pantat bayi dan satu tangan lagi digunakan untuk menepuk atau gosok punggungnya. Usahakan tubuh bayi dalam posisi tegak lurus/vertikal. Dagu menyandar ke bahu lurus ke bawah dan leher disangga tangan. Posisi dagu diusahakan lebih tinggi dari bahu. Mulut dan hidung tidak tertutup. Jika posisi ini diabaikan, sangat mungkin bayi sulit sendawa, bahkan bisa menyebabkannya muntah. Tepuklah di bagian punggung secara perlahan tapi kuat. Jangan terlalu lemah tapi tidak usah terlalu keras. Jangan menepuk di atas pantat atau di pundaknya karena percuma. Tepuklah di bagian tengah, di bawah iga kiri. Goyangkan tubuh bayi, bukan kakinya saat menyendawakan. Mirip menggoyangkan botol. Menggoyangkan sembarangan bisa membuat bayi sulit sendawa. Pegang selalu leher bayi. Jika tidak, bayi bisa mengalami risiko cidera.


2. Berbaring telungkup di pangkuan Anda
Telungkupkan bayi di pangkuan. Tepuk-tepuklah bagian punggungnya. Usahakan posisi dada lebih tinggi dari perutnya. Cara ini bisa dilakukan di boks atau ranjang si kecil. Selain membuat udara di perut keluar, posisi ini bisa membuat bayi lebih relaks.


3.
Setengah Duduk
Dudukkan bayi di pangkuan Anda, dada ditahan oleh lengan Anda usahakan posisi dada lebih tinggi. Tepuk atau gosok punggungnya, dan pastikan bahwa kepalanya tidak melihat ke belakang. Kelemahan posisi ini, bayi umumnya agak lama bersendawa karena posisinya tidak tegak. Melakukannya pun tidak mudah. Posisi bayi setengah duduk. Dada dan kepala menjorok ke depan. Sangga leher lalu tepuk-tepuk bagian lambungnya. Si kecil pun akan sendawa. Hindari memangku bayi dengan posisi mendatar, karena menyebabkannya muntah.

Berikut posisi benar dan salah dalam menyendawakan bayi dikutip dari RS Hermina



Posisi Benar Menyendawakan BayiLokasi:RS Ibu dan Anak Hermina Jatinegara, Jakarta. . Foto: Dint`s(nakita)
1. Bila posisi menyusui di tempat tidur, angkat tubuh bayi dengan cara memegang bagian tubuh bawah dan bagian tubuh atas antara bahu dan kepala bayi. Dengan demikian, posisi bayi mantap, tidak bergerak-gerak.
2. Lalu angkat tubuhnya agar berdiri tegak.
3. Tempelkan dagu bayi pada bahu ibu. Jangan sampai kepalanya tertutup badan ibu. Kemudian tepuk-tepuk bagian punggung bayi dengan menggunakan dua jari.
4. Bisa juga dengan tidak menempelkan ke bahu ibu, asalkan tetap dalam posisi tegak.
Posisi Yang Salah
1. Posisi memegang bayi tidak mantap, hanya bagian punggung dan bawahnya. Padahal, leher bayi belum tegak benar sehingga bisa terjadi risiko terkilir.
2. Mengangkat bayi untuk memindahkan ke posisi berdiri tegak dengan satu tangan, tidak dibenarkan karena memungkinkan risiko terlepas.
3. Menempelkan tubuh bayi ke badan ibu tanpa memperhatikan apakah kepalanya tertutup tubuh atau tidak. Selain itu, kepala bayi tak disangga.
4. Saat menyendawakan anak sambil duduk, kadang ibu tidak memperhatikan posisi tubuh si bayi. Seharusnya tidak dalam posisi mendatar seperti ini, karena minuman yang masuk sehabis menyusui akan keluar kembali.


Dikutip dari : rumahkusorgaku.wordpress.com

, ,

Unknown


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

1 comment :

  1. Apa bahayanya apabila bayi tidak bersendawa setelah menyusu ? Terima Kasih Infonya bermanfaat banget :)

    Mitos Seputar Makanan Bayi

    ReplyDelete